Lewat One Village One Outlet, Pertamina Jamin Pasokan BBM hingga ke Desa


 PT Pertamina (Persero) lakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Pertamina mengenai Pendayagunaan Koperasi dan UMKM.

5 Jenis Permainan Mesin Slot Yang Seru Dan Memberikan Keuntungan

"Kita telah ada Kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Dusun, Pembangunan Wilayah Ketinggalan, dan Transmigrasi, dan sekarang Alhamdulillah dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Pasti kita harap ini dapat percepat pembangunan dari Pertashop," kata Direktur Khusus Pertamina Nicke Widyawati, Senin (21/12/2020).


Menurut dia Pertamina selaku BUMN memiliki tanggung jawab kecuali sediakan BBM dan elpiji, tetapi harus mempermudah akses warga dalam memperoleh dan memakai produk Pertamina.


"Jadi ini hari kita mempunyai seputar 7000 SPBU, tetapi dengan 70 ribu dusun yang berada di Indonesia pasti ini benar-benar kurang. Kita dengar bagaimana warga dusun untuk memperoleh BBM, elpiji harus tempuh jarak 15 km. Kita menyaksikan berikut rintangan kita selaku negara yang dengan 17 ribu pulau," bebernya.


Oleh karenanya Pertamina mencanangkan program one village one toko, dengan sasaran dalam 4-5 tahun di depan atau sampai tahun 2024, program Pertashop ini tiap tahunnya dimulai dari 2021 dapat diwujudkan 10 ribu Pertashop.


"Pertashop ini sebenarnya BBM satu harga, perbedaannya jika BBM satu harga di wilayah 3T ialah BBM bantuan jika ini Non-subsidi, jadi baik BBM atau elpiji ini sama non bantuan. Sekalian kita memberi edukasi supaya warga sampai ke dusun memakai BBM yang ramah lingkungan," terangnya.


Sekalian dalam soal UMKM ini dengan nanti turut terjebak dalam distribusi BBM yang nonsubsidi, dan customer dari BBM dan elpiji non bantuan ini menunjukkan UMKM telah naik kelas, tidak akan masuk kelompok warga miskin yang terima bantuan energi dari Pemerintahan.


Tentu saja ini adalah salah satunya langkah dari Pertamina dalam undang-undang BUMN, pekerjaan Pertamina tidak cuma cari keuntungan semata-mata, dan juga untuk lakukan pembimbingan, kenaikan, peningkatan UMKM, sekalian jadi driver perkembangan ekonomi nasional.


"Alhamdulilah Kerja sama ini menurut saya benar-benar pas dan bisa menolong, ingat lebih dari 90 % tenaga kerja teresapnya di bidang UMKM. Dan andil PDB lebih dari 60 % dari UMKM ke PDB nasional," ucapnya.


Dengan Kerja sama ini diinginkan Pertamina dapat memberi andil lebih kembali ke warga dan negara. Hingga Pertamina dapat memberi program kerja sama untuk UMKM.


"Kelak sesudah kami memperoleh beberapa data UMKM yang dapat kami gandeng, ada peruntukan dan bujet kita tiap tahun dan untuk tahun depannya ada," ujarnya.


Dalam rencana memberikan dukungan aksesbilitas energi untuk Project Vital Nasional, Dermaga Patimban yang sudah disahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di hari Minggu (20/12), PT Pertamina (Persero) mempersiapkan pembangunan Penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Teritori Dermaga Patimban.


Pada acara pengesahan, Menteri Perhubungan Budi Kreasi Sumadi menerangkan Pertamina sudah berperanan untuk penuhi keperluan energi di Dermaga Patimban dan sekelilingnya dengan membuat penyimpanan BBM.


"Pertamina akan lakukan pembangunan suport energi untuk Dermaga Patimban dansekitarnya. Dermaga Patimban yang akan terkondisi pada jalan tol dan jalan kereta api inidiharapkan bisa tingkatkan kekuatan pembangunan 10 teritori industri di sejauh koridorutara Jawa. Hingga ekonomi bertambah dan memberi faedah yang luas padamasyarakat," kata Budi Kreasi Sumadi di depan Presiden Joko Widodo.


Menerangkan selanjutnya, Direktur Khusus Pertamina, Nicke Widyawati sampaikan jika dalam usaha capai ketahanan energi nasional, Pertamina lagi pastikan aksesbilitasenergi bisa terwujud secara baik di semua Indonesia, dimulai dari daerah perkotaan hinggawilayah paling luar, paling depan, dan ketinggalan (3T).


Ini termasuk memberikan dukungan aksesbilitasenergi untuk Project Vital Nasional Dermaga Patimban.


"Pembangunan Penyimpanan BBM ini akan memberi keringanan dalam rencana mendukungseluruh rutinitas kendaraan, kapal, dan fasilitas operasi di Dermaga Patimban yang telah mulaiberoperasi. Lewat penghitungan yang telah kami kerjakan, Penyimpanan BBM ini akan jauh lebihefektif dalam lakukan servis, lengkapi sarana yang telah ada sekarang ini. Secara jangkapanjang, ini ialah investasi yang bagus untuk Pertamina dan untuk semua konsumen setianya," jelasNicke Widyawati.


Menurut Nicke, pembangunan Penyimpanan BBM ini lumayan strategis sebab Pertamina selakuBUMN, membuat kedatangan negara untuk layani keperluan operasi dermaga.


Penyimpanan BBM ini akan memberi aksesbilitas yang lebih dekat dan gampang dalam servissecara langsung di Dermaga Patimban. Sekarang ini, wilayah seputar Dermaga Patimbanmendapatkan distribusi BBM lewat Penyimpanan di Tanjung Priok dan Balongan yang relatif lebihjauh.


"Kecuali memberi suport energi dan pastikan servis optimal di Dermaga Patimban selaku wujud jaga ketahanan energi nasional, kami harap gerakan aktivitas di Dermaga Patimban dan sekelilingnya ini akan tingkatkan perkembangan ekonominasional," tutup Nicke.


Peraturan BBM satu harga sekarang dicicipi warga di Palau Rote. Pertamina secara sah menjalankan SPBU Solid, di Dusun Edalode, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (19/7).


Postingan populer dari blog ini

Through the Gates of Love

OJK Pastikan Kondisi Sektor Keuangan Masih Terjaga di Tengah Pandemi Covid-19

centres can easily need personnel towards constantly